Artis Dalam Pusaran Pelet dan Santet


Artis pakai jasa dukun? Bukan cerita baru! Sejumlah artis kondang diyakini pakai jasa dukun untuk menambah pesona diri. Namun jika artis menggunakan jasa dukun untuk memelet lawan jenis, tentu sangat menarik. Pengusaha Jackson Peranginangin sangat percaya dirinya terkena guna-guna yang ditebar istri sirinya saat itu, artis Cut Memey. Artis cantik itu dituduh meraup kekayaan Rp 1,5 miliar dengan ilmu pelet selama empat tahun dalam perkawinan siri mereka.

Memey dituduh kerap datang ke dukun dan meminta pengasihan agar Jackson secara tidak sadar menyerahkan kekayaannya. Praktik yang digunakan sang dukun, konon dengan menggunakan celana dalam yang sudah dipakai Memey. Keduanya saling kenal tahun 2001, kemudian menikah tahun 2003. Kasus ini mencuat di akhir 2005 hingga pertengahan 2006.

Jackson mengaku sadar setelah datang pada orang pintar yang membuang pengaruh pelet. Namun Memey menolak semua tuduhan Jackson. Uang yang diberikan Jakson tidak lebih dari kewajiban seorang suami pada istrinya. Beberapa barang kemudian dikembalikan termasuk mobil dan berlian, sebagai pertanda perdamaian mereka.

Praktek perdukunan juga diduga dilakukan oleh Puteri Indonesia 2009, Qory Sandioriva agar memenangkan kontes kecantikan yang diikutinya, termasuk Miss Universe di Amerika Serikat. Praktik tersebut dibongkar oleh ibu Qory sendiri, Ny. Fariawati, yang khawatir dengan kondisi aqidah putrinya. Dia menggelar konferensi pers meminta agar sang anak meninggalkan ilmu perdukunan yang dilarang oleh agamanya. Sang ibu juga meminta pria berinisial R, yang diduga sebagai penasehat spiritual anaknya, untuk melepas putrinya.

"Dia (lelaki berinisial R) mengubah tingkah laku Qory dengan mengajak mandi kembang dan percaya pada alat-alat tertentu, melepaskan burung pipit, kura-kura dan belut di sungai yang berjalan. Saya khawatirkan dia. Ini sudah menyimpang dari Syariat Islam," ungkap Fariawati dalam sebuah preskon di Padepokan Ustadz Cilik Guntur Bumi di Jalan Pinang Mas I Pondok Indah Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, 6 September 2010 lalu.

"Saya ingin meluruskan, bukan membuka aib. Hanya ingin menyelamatkan anak di mata Tuhan dan bertanggung-jawab sebagai orang tua. Dapat meninggalkan cara-cara yang tidak sesuai dengan Syariat Islam," sambungnya. Selain pelet, banyak juga yang menggunakan santet untuk menjatuhkan lawannya.

Sejumlah artis tenar mengaku pernah menjadi korban santet di antaranya Chef Aiko Dia muntah darah beberapa hari setelah menyaksikan petir berwarna keunguan di depan rumahnya. Dia pun sempat berkonsultasi pada orang pintar, dan hasilnya, kilatan tiga kali warna keunguan itu adalah tenung kiriman.

"Nggak lama setelah petir itu, beberapa hari kemudian, di depan rumah juga ada darah yang nggak tahu asalnya dari mana. Aku awalnya nggak curiga, aku pikir darah tikus atau ayam, kebetulan aku pelihara ayam," ujar Chef Aiko, 31 Maret 2013 lalu.

Saat terjadi kilatan di depan rumah, Aiko sempat penasaran dan lari ke depan rumah. Namun dia tidak melihat apa-apa yang tertinggal dari cahaya itu. Sang guru spiritual bisa memastikan kalau hal itu adalah tenung atau sejenis santet. Dia pun masih penasaran dengan darah yang tercecer di depan rumah setelah berselang beberapa hari dari petir itu.

"Tapi setelah aku cek, ayamnya nggak berkurang. Kebetulan ada teman aku dari Kalimantan bilang, ini jangan dianggap remeh. Kalau bisa kamu jangan keluar (rumah) dulu. Karena penasaran, aku tetep keluar. Nggak lama, aku nonton TV, makan, berasa mual. Aku ke kamar mandi. Aku muntah, tapi yang keluar darah, bukan makanan yang aku makan. Ya percaya nggak percaya deh," lanjutnya

Pengalaman mistis juga pernah dialami oleh personil Trio Macan, Iva Novanda. Dia pernah dua kali terkena pelet dan santet yang salah satunya diduga dilakukan oleh mantan kekasihnya. Gejala yang dirasakan saat itu, semakin nempel dengan pacar, yang menurutnya tidak mungkin terjadi. "Saat itu jadi sangat nurut sama dia," ucap Iva Novanda saat ditemui di Studio Palem, Kemang Utara IX, Jakarta Selatan, 19 November 2012. Pengalaman kedua dalam bentuk santet. Saat itu dia melihat keris kecil yang diletakkan di kamarnya. Diduga benda itu kiriman dari orang yang menginginkan dirinya sakit-sakitan. "Saya diajak sama bunda ke kamar aku. Berdoa di tempat gelap, ya sudah Iva nggak ngerti, ikut-ikut saja Jarak 5 menit ada keris di kasur tempat Iva tidur, sepanjang jari tengah, sudah karatan. Kata bunda katanya hampir satu tahun itu kenapa Iva masih sakit-sakitan, iya itu pengalaman Iva seumur hidup," kisahnya.

Vokalis NOAH, Ariel ternyata pernah juga menjadi sasaran santet. Kakak kandung Ariel Nazlin Fachridzal mengungkapkan kejadian mistik yang dialami adiknya itu. "Sebelumnya saya mohon maaf, karena saya terpaksa berbicara klenik. Beberapa hari lalu, teman Ariel berkata kepada saya dari dalam perut Ariel keluar benda keris, batu, dan lain sebagainya," kata Nazlin Fachridzal kepada wartawan di kediaman Ariel di Jalan Tanjungsari No 58 Kota Bandung, 17 Juni 2010 lalu.

Terakhir paling menghebohkan adalah pengakuan Adi Bing Slamet sebagai salah satu pengikut Eyang Subur. Namun kemudian Adi BS mengaku menjadi korban praktek perdukunan gurunya itu sehingga akhirnya memilih keluar dari ajaran-ajaran yang menurut keyakinannya sesat. Dari kasus ini pula terungkap ada puluhan artis yang selama ini menjadi pengikut Eyang Subur. Ada puluhan artis yang juga mengaku menjadi korban ajaran sesat sang dukun. Mereka angkat bicara setelah sekian lama terkena pengaruh peletnya.©


Oleh : Yon Bayu Wahyono